Beranda berita
Study Visit ke Bea Cukai Kuala Namu
Ditayangkan: 09-December-2019
ditulis Oleh : reza afri suhangga hasibuan

Hari Kamis, 05 Desember 2019, Akademi Perniagaan dan Perusahaan APIPSU Medan mengadakan kegiatan Study Visit ke Bea Cukai Kualanamu. Sebanyak 30 mahasiswa dan mahasiswi dan 4 orang Dosen Pendamping ikut dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan motivasi dan ilmu tentang Kepabean dan alur bisnis internasional secara langsung kepada mahasiswa sehingga mahasiswa diharapkan dapat menerapkan dan mengaplikasikan ilmu yang didapat secara teori dan paraktek di dunia kerja nantinya.

Acara dibuka bertempat di Gedung Aula Cakrawala Bea Cukai Kualanamu. Acara kunjungan ini dibuka oleh Pak Lukman Hakin selaku Plh. Kepala Kantor Bea Cukai Kualanamu , mewakili Kepala Kantor Bea Cukai Kuala Namu Bapak Bagus Nugroho Tamtomo Putro.  Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa Bea Cukai Kualanamu sangat senang menerima kehadiran mahasiswa/i APP APIPSU Medan. Beliau juga menambahkan Bea Cukai memainkan peran yang sangat signifikan dalam membantu pemerintah dalam proses penarikan pajak negara serta melindungi negara dari ancaman kepentingan – kepentingan negara lain dalam proses perdagangan bebas. Beliau juga meminta mahasiswa dan mahasiswi APP-APIPSU  untuk membantu mengatakan kepada masyarakat bahwa mengenai peran dan fungsi Bea Cukai yang selama ini telah dilaksanakan.

Sebelum kata sambutan dari Plh. Kepala Kantor Bea Cukai Kualanamu, kata sambutan disampaikan oleh Direktur APP-APIPSU Medan, Edi Suprayetno,M.Pd. Beliau mengucapkan terima kasih sudah diizinkan untuk melakukan Study Visit ke Bea Cukai Kualanamu. Beliau juga berharap bahwa kedepannya dapat dijalin kerja sama yang baik dalam bentuk MOU  untuk proses edukasi kepabeanan sehingga mahasiswa dapat menjadi agent penyempai informasi tentang tugas dan fungsi Bea Cukai secara luas kepada masyarakat serta dapat melaksanakan reseach tentang fungsi dan peran bea cukai di masyarakat. Beliau juga berharap kepada mahasiswa untuk benar – benar memanfaatkan kesempatan ini untuk mempelajari proses bisnis Bea Cukai Kualanamu, serta peran dan fungsinya dalam perdagangan internasional.

Setelah mendengarkan kata sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi berupa informasi umum terkait kepabeanan, serta tugas dan fungsi bea dan cukai secara umum. Materi ini dibawakan langsung oleh Kepala Subseksi Layanan Informasi. Kegiatan Fieldtrip di bimbing oleh  Ardyaningsih dan tim dengan berkeliling dan  berkunjung untuk melihat langsung proses bisnis Bea Cukai Kualanamu. Mahasiswan dan mahasiswi  diajak berkeliling ke Kargo, Tempat Penimbunan Sementara untuk melihat proses bisnis terkait impor barang melalui kargo. Mereka juga diajak ke Terminal Kedatangan Internasional Bandara Kualanamu untuk mempelajari tentang penanganan barang penumpang, bahkan mereka juga diajak untuk melihat kebolehan tim K-9 dan anjing pelacaknya unjuk kebolehan mendeteksi pembawaan Narkotika, Psikotropika dan Prekursor (NPP).

Pada sesi ini, para peserta diperbolehkan untuk bertanya seputar informasi yang telah mereka dapat selama kegiatan sebelumnya berlangsung. Acara kemudian diakhiri dengan foto bersama. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat menambah bekal pengalaman dan pengetahuan untuk mahasiswa / mahasiswi  untuk menghadapi dunia kerja yang makin kompetitif, dan agar para generasi muda berani mengaplikasikan ilmu yang mereka miliki untuk pengembangan negeri ini.